Empat Solusi untuk Papua

Share on :
[imagetag]

JAKARTA - Mantan Pejuang Organisasi Papua Merdeka (OPM) John Al Norotouw meluncurkan buku berjudul 'Save Our Papua,' di Jakarta, Sabtu (10/11). Ia menguraikan beberapa permasalahan yang kerap timbul di Bumi Cendrawasih tersebut, dan solusi pemecahannya.

Menurut John Al Norotouw ada empat jawaban sebagai solusi yang dapat diambil untuk menyelamatkan Papua.

"Pertama, Papua adalah warisan sejarah dari leluhur pendiri bangsa. Sejarah panjang Papua dengan potensi kekayaan alam yang dimiliki untuk memperjuangkan dengan pengorbanan pahlawan bangsa, yang merupakan putra asli Papua. Hal ini memiliki konsekuensi semua anak bangsa berkewajiban menjaganya," ujarnya.

Lebih lanjut John mengatakan kedua, ada magnet Papua bagi dunia."Hal ini memiliki makna terdapat sembilan daya tarik yang dimiliki Papua dengan segala potensinya, konsekuensi yang harus dilakukan adalah kita sebagai Bangsa Indonesia harus bersatu untuk mencegah kekuatan asing untuk menggerogotinya," jelasnya.

Ketiga, konflik yang timbul karena beragam motivasi seperti materi, dendam, emosi, dan sedikit ideologi. "Hal ini dapat diantisipasi dengan cara meredam konflik yang ada dan masyarakat menjadi komoditi untuk dimanipulasi oleh pihak-pihak yang ingin merusak situasi kondusif di Papua," jelasnya.

"Terakhir adalah implementasi pembangunan yang keliru, selama ini pemerintah cenderung hanya membangun simbol sebagai contoh 'NKRI Harga Mati'"ungkapnya.

John menambahkan seharusnya yang dilakukan adalah pembangunan yang mampu memberi pengetahuan untuk mencerdaskan masyarakat mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan warga Papua.

Sumber : Empat Solusi untuk Papua

#warga papua butuh perhatian pemerintah bukan cuma sekedar simbol NKRI[imagetag]

Admin 10 Nov, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/11/empat-solusi-untuk-papua.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar on Empat Solusi untuk Papua :

Post a Comment and Don't Spam!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...