Pemerintah Tegaskan Alf*m*rt dan Ind*m*r*t Bakal Kena Aturan Waralaba

Share on :
[imagetag]

Quote:Jakarta - Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menegaskan Alfamart dan Indomaret harus mengikuti aturan baru terkait waralaba.

"Saya kira ya (bakal kena aturan baru), tapi belum detailnya karena ada sudah terlanjur 150 kan proses ya. tapi dia harus ngikuti peraturan yang baru," tegas Bayu ketika ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (6/9/2012).

Aturan waralaba ritel yang diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 68 Tahun 2012 bukan untuk membatasi bisnis seseorang, tetapi semangatnya adalah mendorong kemitraan dan menghindari monopoli.

Aturan tersebut berlaku surut. Artinya, bagi pemilik ritel yang sudah melebihi 150 gerai wajib mewaralabakan 40 persen kelebihannya.

Seperti diketahui Permendag baru ini mengatur bahwa pemberi Waralaba dan Penerima Waralaba untuk jenis usaha Toko Modern hanya dapat mendirikan outlet/gerai yang dimiliki dan dikelola sendiri paling banyak 150 (seratus lima puluh) outlet/gerai. Maka outlet yang ke-151 dan seterusnya wajib diwaralabakan ke publik.

Permendag itu mengatur juga usaha toko moderen yang sudah berdiri saat ini melebihi 150 outlet, diberikan waktu 5 (lima) tahun untuk menyesuaikan ketentuan jumlah outlet/gerai yang dimiliki dan dikelola sendiri dan yang diwaralabakan.

"Penyesuaian dilakukan dengan cara melepas paling sedikit 20 persen dari jumlah outlet/gerai yang harus diwaralabakan oleh Pemberi Waralaba atau Penerima Waralaba setiap tahunnya," jelas Permendag tersebut.

Peraturan ini ditandatangani Menteri Perdagangan Gita Wirjawan pada 29 Oktober 2012. Tujuan dari peraturan baru ini untuk membatasi ruang ekspansi waralaba toko modern, sekaligus mendorong kemitraan dengan penerima waralaba atau masyarakat luas dan memperluas peluang pemasaran bagi produk-produk dalam negeri.

sumber

ya baguslah udah mau diatur mslhnya udah kyk kucing gan dmn2 nemuin dua toko ini ane yg kshn tu warung2 kecil..tp dua toko ini jg dibutuhkan masyarakat apalagi dlm sisi pekerjaan..dilema jg jdnya [imagetag]

maaf klo ada yg trsinggung dgn pndpt ane ya gan [imagetag]

Admin 07 Nov, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/11/pemerintah-tegaskan-alfmrt-dan-indmrt.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar on Pemerintah Tegaskan Alf*m*rt dan Ind*m*r*t Bakal Kena Aturan Waralaba :

Post a Comment and Don't Spam!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...