Bursa China Longgarkan Asing, ancaman serius bagi investasi Indonesia.

Share on :
Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Bursa China Longgarkan Asing, ancaman serius bagi investasi Indonesia.
Today 19:37
JAKARTA, Jaringnews.com â?? China Securities Regulatory Commision (CSRS) memberi sinyal telah memberi akses untuk meningkatkan akses investasi asing pada pasar modal. Hal itu bisa meningkatkan minat investasi asing ke China meningkat. Dan pada gilirannya, bisa berdampak ke pasar modal emerging market Asia yang lain, termasuk Indonesia. Chief Economist Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih, mengatakan hal itu dalam riset harian yang dipublikasikan pagi ini.

Lana menjelaskan bahwa CSRS, saat ini, menerapkan semacam kuota investasi asing dalam skema yang disebut Chinaâ??s Qualified Foreign Institutional Investor (QFII) senilai USD 80 miliar. April lalu, kuota itu juga telah dinaikkan. Rencana menaikkan kuota investor asing tersebut untuk menaikkan kinerja pasar modal China yang kini minus 5,9% ytd (year to date).

Selain itu, Lana mengimbuhkan, China akan memberikan insentif pajak dan rebates untuk investor asing. â??China juga memberikan sinyal pelonggaran devisa terkait investasi di pasar modal,â?? kata dia.

Selanjutnya, Lana mengatakan bahwa, di hari ini, nilai tukar Rupiah terhadap USD diperkirakan stabil. Di kisaran Rp 9.620 sampai Rp 9.630 per USD.

â??Untuk pasar Asia, kemungkinan masih mixed pada hari ini. Itu mengikuti indeks future Pasar Asia. Sementara, sebagian besar pasar global ditutup naik pada akhir perdagangan minggu lalu,â?? kata Lana.
(Dhi / Deb)
sumber :http://www.jaringnews.com/ekonomi/pasar-modal/27347/bursa-china-longgarkan-asing-ri-bisa-kena-efek
sejak ekonomi china mengalami overheat , maka china mulai menurunkan suhu investasinya , dan tidak asal terima dana asing , sehingga kena imbas nya ke bursa asia turut surut di tahun 2008 . sejak itu china mulai selektif dalam menerima dana asing yg investasi , demi meredam inflasi dalam negri ,dan stabilkan harga sembako domestiknya â?¦
kini china membuka gerbang investasi asing nya lagi ,dan tidak tanggung2 targetnya mencapai 80 millliar dollar . Hal ini yg membuat para investor melepas saham lokal , dan berburu dollar amerika., sialnya adalah kurs matauang rupiah cukup terbeban karena seiring jatuhnya mata uang rupiah .
Investor yang awalnya krisis global 2008 , yg parkirkan dana besar masuk dalam bursa saham indonesia , kini sudah mulai pelan2 melepaskan . Karena dimata investor lebih tertuju porsi market 1.3milliar jauh lebih menggiurkan daripada porsi 250 juta (indonesia) .
Hal ini adalah ancaman investasi bagi indonesia sendiri, karena investor akan lebih melirik ke china dibandingkan indonesia . Dan siap2 saja dana $80milliar akan masuk ke sektor bursa dan riil china .dan akan memangkas target .PMA ke indonesia. Alasan yang sangat simple kenapa lebih tertuju ke china :
1. market yang terbesar dunia mencapai 1.3milliar dibandingkan 250 jt.
2. Infrastruktur china yang mantap dan solid .
3. Kepastian hukum yang jelas , tertib dan tidak ada buruh demo2 ,dan tidak ada aksi pembiaran.
4. Listrik yg didukung dgn PLTN. Dan tidak byarpart seperti indonesia .
5. Daya beli masyarakt china yg semakin menguat dimana pendapatan perkapita telah mencapai $4200
6. tax holiday selama 5-10 tahun bagi sektor riil . Dan pembagian rebate yg menarik perhatian para investor bagi pasar bursa .
7. Tiadanya pungli . Dan tarikan biaya liar .
8. Pajak dikenakan berdasarkan produksi , semakin besar omzet yg diciptakan suatu perusahaan, maka semakin banyak pekerjakan buruh maupun karyawan . Maka semakin rendah pulalah pajak pendapatannya . Lain dengan indonesia , semakin besar produksi, maka semakin tinggi pula pajak pendapatan yang dikenakan , itulah yg membuat para pengusaha lambat ,dan susah berkembang pesat.
Saya melihat â?¦ kedepanya investor yang awalnya melirik indonesia ,.tapi sekarang mulai mengurungkan niatnya . Karena dilihat buruh demo, ketidakpastian hukum dan jaminan kondusif, ditambah infrastruktur memble . Maka tidak mungkin mereka (pengusaha/investor ) akan berbondong bondong menuju china .. kedepanya saya melihat indonesia akan semakin sulit untuk menarik minat investor asing .
Disatu sisi , china menarik perhatian para investor/ pengusaha utk berinvestasi dan berwiraswasta ke china .. disatu sisi , dimana indonesia akan sulit menarik minat investor , maka investor/pengusaha china lah yang akan investasi ke indonesia dgn semakin minimnya kompetitor . Maksdnya adalah menarik perhatian investor ke market china .

Admin 13 Nov, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/11/bursa-china-longgarkan-asing-ancaman.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar on Bursa China Longgarkan Asing, ancaman serius bagi investasi Indonesia. :

Post a Comment and Don't Spam!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...