foxonn tidak punya rancana bangun pabrik di indonesia atau batal ???

Share on :
Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana investasi Foxconn Technology Group dari Taiwan kini nasibnya belum jelas. Rencana kerjasama dengan salah satu anak perusahaan BUMN pun tidak ada kabar lebih lanjut.
"Soal Foxconn itu belum jelas. Mereka saja sudah tidak ada kabar apa-apa lagi ke kita," kata Direktur Utama PT INTI Tikno Sutisna kepada Kompas.comsaat ditemui di acara Komite Ekonomi Nasional "Penyatuan Visi Bersama Menuju Indonesia Maju 2030" di Hotel Ritz Carlton Sudirman Jakarta, Selasa (13/11/2012).
Menurut Tikno, keberadaan Foxconn yang belum jelas itu disebabkan karena perusahaan pemanufaktur produk-produk Apple itu sedang didera masalah. Khususnya setelah Foxconn memberikan tekanan yang keras kepada pekerjanya saat memproduksi iPad New, iPad 4 dan iPad mini. Apalagi produk-produk baru dari Apple yang dirakit di Foxconn ini dinilai ada kecacatan dalam beberapa aplikasi.
Sehingga PT Inti juga tidak bisa berkomentar lebih lanjut soal kerjasama tersebut. "Masa pemerintah juga tanya ke kami, bagaimana nasib kerjasama dengan Foxconn. Kan seharusnya itu tugas pemerintah," tambahnya.
Tikno mengatakan, Foxconn sempat meminta perbaikan infrastruktur dari berbagai sisi, baik urusan jalan, pabrik, kemudahan investasi hingga birokrasi. Namun tampaknya pemerintah juga belum memberikan kejelasan terkait permintaan Foxconn ini. "Jadi kalau nanti kita buat ponsel, ya kita akan buat sendiri. Desain sudah siap," katanya.
Sekadar catatan, PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) Persero memang telah mengirim tim ke kantor pusat Foxconn Technology Group di Taiwan pada September lalu. Kunjungi tersebut untuk membincangkan dan mematangkan rencana pembangunan pabrik di Indonesia.
Menurut Tikno, keinginan Foxconn untuk berinvestasi di Indonesia adalah membangun infrastruktur dalam mengembangkan produk berteknologi tinggi. Di Taiwan, Foxconn telah menerima pesanan untuk membuat produk dari Apple hingga Motorola. Namun, khusus untuk investasinya di Indonesia, Tikno menganggap bahwa belum ada keputusan pasti apakah Foxconn akan membangun infrastruktur serupa dengan di Taiwan.
"Ini masih penjajakan, jadi kita tidak tahu persisnya Foxconn akan membangun apa," tambahnya.
Namun, seperti yang telah disampaikan ke Kementerian Perindustrian, Foxconn berkeinginan membangun ekosistem infrastruktur. Ekosistem ini pun serupa dengan rencana pengembangan perseroan. Artinya, kedua perusahaan dapat menyatukan kekuatannya.
Dengan demikian, PT Inti memiliki dua pilihan. Pertama bergabung dengan Foxconn yang berarti perseroan akan memiliki penyertaan di Foxconn. Kedua menjadi perusahaan supply chain atau jaringan perusahaan-perusahaan yang secara bersama-sama bekerja untuk menciptakan dan menghantarkan suatu produk ke pasaran.
"Selama ini, banyak perusahaan infrastruktur yang tidak memiliki visi masuk ke industri ini hanya untuk memasarkan perusahaannya, namun kami memiliki visi ini dan mengembangkannya," ungkapnya.
Terkait dengan rencana bisnis ini, Tikno menambahkan belum membicarakan dengan Kementerian BUMN selaku pemegang saham. Masalahnya, rencana bisnis ini baru tahap penjajakan awal.
Sebelumnya, Menteri Perindustrian MS Hidayat meminta Foxconn untuk bekerjasama dengan PT Inti yang merupakan anak usaha BUMN. Alasannya, PT INTI juga pernah memproduksi ponsel. Dengan kerja sama tersebut, PT INTI akan menjadi perusahaan perakitan (assembly) produk elektronik, sementara Foxconn menyediakan jasa manufakturnya.
Editor :
Erlangga Djumena
sumber :http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/11/13/14462997/Foxconn.Batal.Investasi.di.Indonesia

batalkah atau memang dari awal tidak ada rencana membangun pabrik di indonesia ?
Apakah jajaran pejabat dan mentri indonesia itu berkoar koar untuk menyenangkan SBY saja ,asal bapak senang ?

[terguncang berat] :foxonn apple:tidak ada rencana bangun pabrik di indonesia
08-11-2012 20:20
Produsen elektronik asal Taiwan Foxconn Technology Group menyatakan, pihaknya sedang melakukan penjajakan dengan pemerintah Indonesia mengenai layanan pasar domestik untuk beberapa kapasitas, namun tidak memiliki rencana untuk mendirikan pabrik di Indonesia.

Simon Hsing, juru bicara Foxconn dalam suatu wawancara menyatakan, saat ini belum ada rencana investasi dan tidak ada rencana membangun pabrik bernilai 1 hingga 10 milyar USD. Menurut kabar yang beredar sebelumnya, produsen Apple iPhone dan iPad akan berinvestasi 1 hingga 10 milyar USD untuk membangun pabrik di Indonesia.

Foxconn telah memiliki pabrik di China dan Brazil yang memproduksi berbagai perangkat elektronik dunia untuk di ekspor ke berbagai negara. Hsing menyatakan, perusahaan masih mempelajari jenis peluang di Indonesia yang bisa dimanfaatkan perusahaan.

Hsing juga mengungkapkan, pejabat pemerintah Indonesia sangat berharap Foxconn menanam investasi. Foxconn ada di Brazil, China dan India, namun tidak memiliki investasi di Indonesia. Para pejabat berharap perusahaan dapat membawa sejumlah proyek ke Indonesia.

Foxconn telah membangun pabrik untuk mengekspor produk ke seluruh dunia dan perusahaan kemungkinan menggunakan pendekatan model manufaktur berbeda untuk Indonesia. Sebaliknya, investasi Foxconn ditargetkan untuk membangun pasar elektronik domestik Indonesia, dengan menjual produk pada konsumen lokal dengan bantuan mitra perusahaan.

Hsing menambahkan, Indonesia merupakan salah satu negara terbesar dunia dengan populasi sekitar 250 juta orang. Negara tersebut tidak memiliki industri elektronik teknologi tinggi, itulah sebabnya pejabat pemerintah ingin perusahaan menanamkan investasinya di Indonesia. (fahrur)

sumber:http://www.bhinneka.com/bpost_detail/foxconn_tidak_bangun_pabrik_di_indonesia.aspx

anehnya adalah Belon pastinya foxonn akan investasi di indonesia , tapi pemerintah kita sudah gembar gembor di media massa ,seakan akan bener2 akan masuk investasi ke indonesia :capedeh....
kalo dilihat buruh indonesia kondisi sweeping , saya rasa foxonn takkan pernah mempertimbangkan indonesia , meski pasar yang besar , hanya ckup ekspor jual ke indonesia saja .

Admin 14 Nov, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/11/foxonn-tidak-punya-rancana-bangun.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar on foxonn tidak punya rancana bangun pabrik di indonesia atau batal ??? :

Post a Comment and Don't Spam!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...