Mau Nonton Kincir Angin? Datanglah ke Belanda, eh, Bantul

Share on :
Mau Nonton Kincir Angin? Datanglah ke Belanda, eh, Bantul
Rabu, 24 Oktober 2012 | 16:20

[imagetag]
Ilustrasi deretan kincir angin di Jepang

Deretan kincir angin raksasa ini akan menjadi pemandangan mendebarkan yang menjadikan Bantul sebagai magnet wisata baru di Yogyakarta

Tak lama lagi Bantul akan jadi seperti sepotong tanah Belanda di daerah tropis. Bayangkan, dari Pantai Samas hingga Sungai Progo, dalam jarak hampir tujuh kilometer, akan berjajar 32 kincir angin raksasa. Setiap kincir angin tingginya mencapai 150 meter, atau setinggi gedung berlantai 40 -- kira-kira sedikit lebih rendah dari Gedung BNI 46 Tower-- dengan garis tengah baling-baling selebar 50 meter, atau separuh lapangan bola.

Deretan 32 kincir angin raksasa setinggi Gedung BNI 46 di sepanjang Pantai Samas, tentu bisa menjadi pemandangan yang mendebarkan. Kepala Bidang Data, Penelitian dan Pengembangan Bappeda Bantul, Tlau Sakti Santosa, meyakini bahwa tak lama lagi, Bantul akan menjadi magnit wisata baru di Yogyakarta. "Dampak bagi pariwisata akan luar biasa, selain itu keberadaan kincir ini juga akan membuka lapangan kerja," kata Sakti di Bantul, Rabu (24/10) hari ini.

Jajaran kincir angin raksasa ini rencananya akan dibangun oleh investor dari Amerika Serikat tahun depan. Menurut Sakti, kesepakatan antara investor dengan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, sudah selesai diteken. "Targetnya, akhir 2013 nanti semua kincir angin sudah terpasang," katanya.

Deretan kincir angin raksasa di Pantai Samas ini akan menjadi salah satu proyek energi terbarukan di Indonesia, yang akan menghasilkan listrik hingga 50 megawatt dan akan disalurkan melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN). ***
Penulis: Antara/ Dwi Setyo
Sumber: http://www.beritasatu.com/destinasi/...eh-bantul.html

Admin 05 Nov, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/11/mau-nonton-kincir-angin-datanglah-ke.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar on Mau Nonton Kincir Angin? Datanglah ke Belanda, eh, Bantul :

Post a Comment and Don't Spam!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...