ternyata mengakui pula, bahwa esemka memang produk mobil china.

Share on :

VIVAnews - Produsen mobil Esemka, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) mengaku menggandeng sejumlah perusahaan otomotif dari China. Karena esemka awalnya juga merupakan produk adopsi dari otomotive china. maka Kerja sama itu dilakukan agar terjadi alih teknologi dari produsen mobil China tersebut terhadap mobil Esemka.
"Kita menggandeng pabrik mobil dari China, seperti Chery dan Foday," kata Direktur Utama PT SMK, Joko Sutrisno kepadaVIVAnews, Sabtu, 10 November 2012.
Joko menuturkan, untuk pengembangan mesin mobil, Esemka akan belajar kepada Chery. Sedangkan untuk pembuatan bodi, akan belajar kepada perusahaan mobil Foday.
"Sebenarnya, masih ada perusahaan otomotif dari China lainnya yang ingin bekerja sama tapi belum sampai perjanjian formal. Yang mau alih teknologi baru Chery," ujarnya.
Dengan langkah kerja sama seperti itu, menurutnya, secara pelan-pelan nantinya akan diadopsi oleh mobil Esemka sehingga ke depannya bisa dikerjakan secara sendiri.
"Kita adopsi dan nanti kita nasionalisasikan agar UKM-UKM yang nantinya mengerjakan komponen Esemka itu tumbuh. Pokoknya dengan Esemka kita dorong UKM manufaktur tumbuh," 

sumber :http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/366444-mobil-esemka-gandeng-pabrik-mobil-china

ternyata diakui pula , bahwa awalnya produk mobil esemka yg diproduksi anak smk , itu merupakan mobil china â?¦ dan akhirnya mengakui juga . Karena esemka membutuhkan dukungan teknologi . Dan engembangan kedepannya agar esemka dapat berkembang dan mandiri .

Kasus esemka ini unik sekali sama seperti jaman soeharto , dimana otomotive korea , jika ingin masuk dalam market indonesia harus berganti merek menjadi mobil nasional Timor .
Jadi hanya ganti merek saja .. mesin tetap buatan korea .

Esemka juga demikian , mobil china yang masuk ke pasaran indonesia dengan berganti label menjadi esemka . Dgn cara bekerjasama dengan pemerintah utk dapat menembus market domestik indonesia .

Semoga kedepannya esemka (kloningan mobil china) dapat menjadikan kebanggaan indonesia . Dan dapat merajai marketnya sendiri .

Admin 11 Nov, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/11/ternyata-mengakui-pula-bahwa-esemka.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar on ternyata mengakui pula, bahwa esemka memang produk mobil china. :

Post a Comment and Don't Spam!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...