Tingkatkan Pemahaman Hakim dalam Penegakan Hukum Lingkungan

Share on :
[imagetag]

PEKANBARU - Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Hatta Ali mengatakan, hakim pada umumnya di pengadilan sebagai instansi yang harus dapat mengawal dan berperan penting dalam penegakan hukum lingkungan hidup.

Melalui siaran pers yang diterima redaksi Sabtu (10/11) diterangkan, Hatta berharap dengan meningkatnya pemahaman para penegak hukum, khususnya para hakim, maka jajaran pengadilan melalui putusan-putusannya dapat menjadi pengawal yang kuat, aktif, dan berintegritas dalam perlindungan daya dukung sumber daya alam, khususnya pelestarian hutan dan kawasannya.

"Penegakan hukum pada sektor kehutanan dirasakan sangat relevan, tidak saja untuk mendukung terciptanya iklim investasi yang positif yang dapat meningkatkan pemanfaatan hutan, tetapi juga sangat diperlukan untuk menjamin kelestarian hutan bagi generasi kita yang akan datang," kata Hatta dalam pembukaan Seminar Penegakan Hukum Multi-Door untuk Tindak Pidana Sumber Daya Alam dan Lingkungan di atas Hutan dan Lahan Gambut, di Pekanbaru, Riau, Sabtu (10/11).

Seminar yang dihadiri 80 hakim dari seluruh Riau itu merupakan rangkaian dari pelatihan para penegak hukum dari pengadilan negeri, pengadilan tinggi, kejaksaan agung, kejaksaan tinggi, kejaksaan negeri, kepolisian, penyidik pegawai negeri sipil, kementerian kehutanan, kementerian lingkungan hidup, yang diadakan sebelumnya di Jakarta pada 2-8 November di Jakarta.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Satuan Tugas Persiapan Kelembagaan REDD+ (Satgas REDD+) dan bertujuan meningkatkan pemahaman berbagai perkembangan hukum dalam penanganan kejahatan sumber daya alam.

Sumber : Tingkatkan Pemahaman Hakim dalam Penegakan Hukum Lingkungan

Admin 11 Nov, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/11/tingkatkan-pemahaman-hakim-dalam.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar on Tingkatkan Pemahaman Hakim dalam Penegakan Hukum Lingkungan :

Post a Comment and Don't Spam!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...