Wapres Xi Jinping Segera Dilantik Jadi Ketua Partai Komunis China

Share on :
[imagetag]

Beijing, - Wakil Presiden (Wapres) China Xi Jinping akan segera mengambil alih tampuk kekuasaaan di China. Dalam waktu dekat, Xi akan dilantik menjadi Ketua Partai Komunis menggantikan Presiden Hu Jintao.

Pelantikan tersebut akan dilakukan pada Kongres ke-18 Partai Komunis yang digelar mulai 8 November mendatang. Kongres akan digelar di Great Hall of The People yang berada di Lapangan Tiananmen.

Sejak tahun 2008, Xi telah menjadi orang nomor dua dalam partai terbesar dan paling berpengaruh di China tersebut. Bagi China yang menganut sistem satu partai, pelantikan Xi sebagai ketua Partai Komunis secara otomatis menempatkannya dalam posisi tertinggi di negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Meskipun formalitas pengambilan sumpah presiden baru akan dilangsungkan pada Maret 2013 mendatang. Demikian seperti dilansir AFP, Selasa (6/11/2012).

Sebagai pengganti Presiden Hu, Xi dihadapkan pada beragam isu yang harus ditanganinya, mulai dari persoalan Suriah, Iran maupun Korea Utara hingga sengketa pulau di Laut China Selatan dengan Jepang, Vietnam, Filipina, dan lainnya.

Diperkirakan Xi tidak akan melakukan terlalu banyak perubahan pada kebijakan-kebijakannya, dan mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi serta peningkatan kekuatan militer terutama maritim.

"Tugas Xi Jinping jauh lebih sulit dari tugas Hu. Akan lebih muda memperkenalkan reformasi kepada generasi sebelumnya, daripada kepada generasi mendatang," tutur pengamat Ben Simpfendorder yang juga Direktur Operasional Silk Road Associates yang bermarkas di Hong Kong.

Diketahui bahwa Xi tercatat sebagai pemimpin China ke-6 setelah Mao Zedong yang mendirikan Republik China pada tahun 1949 silam.

Dengan adanya sistem satu partai yang dianut China, kongres Partai Komunis yang digelar setiap 5 tahun jauh lebih penting dari rapat parlemen nasional yang digelar setiap tahunnya. Dalam kongres yang digelar pekan ini, juga akan ditunjuk 200 anggota Komite Pusat yang baru. Selanjutnya, mereka akan memilih 25 anggota Politbiro atau komite eksekutif.

Sumber : http://news.detik..com/read/2012/11/...-china?9911012

Semoga nasibnya nda berakhir seperti Bo Xilai....

Admin 08 Nov, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/11/wapres-xi-jinping-segera-dilantik-jadi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar on Wapres Xi Jinping Segera Dilantik Jadi Ketua Partai Komunis China :

Post a Comment and Don't Spam!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...